PAMERAN PRODUK INOVASI DAN TEKNOLOGI

INOVTEK NTB

BADAN RISET DAERAH (BRIDA)

UNIVERSITAS MATARAM

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

Gedung BRIDA NTB, (18 – 20/03/2022) Daya saing dan kemajuan teknologi inovasi saat ini, menjadi fokus utama daerah dalam menunjang kualitas perguruan tinggi yang berdedikasi untuk negeri. Mendukung pembangunan teknologi dan inovasi, Nusa Tenggara Barat di awal tahun 2022 melaunching pembentukan BRIDA (Badan Riset Daerah) dibawah naungan BRIN (Badan Riset Nasional). NTB menjadi salah satu dari 6 daerah yang dipercaya dalam pembentukan BRIDA. Bersamaan dengan moment MotoGP 2022 di Lombok, BRIDA NTB pun turut serta memeriahkan acara tersebut dengan mengadakan “InovTek NTB 2022”. Universitas Mataram menjadi salah satu perguruan tinggi yang didelegasikan untuk berkontribusi. Beberapa perguruan tinggi lainnya pun turun serta seperti UTS, Muhammadiyah Mataram, Universitas Gumi gora, Undikma dan berbagai lembaga inovasi lainnya. UNRAM memperoleh urutan kedua (2) dalam pameran produk inovasi teknologi. Kesempatan ini tentunya sangat diapresiasi oleh Rektor UNRAM dengan mengarahkan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) untuk menampilkan berbagai produk inovasi dan teknologi hasil riset dosen.

Ketua LPPM UNRAM (Muhamad Ali, Ph.D) sangat semangat dalam ikutserta pada ajang pameran ini, dilihat pada persiapan yang sangat matang dilakukan. Berkoordinasi dengan berbagai hasil penelitian inovasi dan teknologi dosen yang tersebar diberbagai fakultas, maka adapun beberapa produk inovasi dan teknologi yang ditampilkan yaitu minyak jereweh, sunscreen, mahabats (obat madu), berkah tani, entram, alga biofect, songassong, biosenss, benih padi organomineral, pupuk organik cair (orrin), Protam, Beras hitam, Alat bantu pemeriksaan THT, Pengukur curah hujan, Pengukur kualitas buah, Beras analog, Mesin pengering vertikal, Alat tanam biji jagung, system dorong baris ganda, Ekstrak senyawa aktif, Alat pengukur kualitas buah, Alat penyimpanan buah, Teknologi hayati Trichoderma (Produksi Biofungisida, Bioaktivator, Biokompos, dan Biourin), dan Rain gate.

Hari pertama pelaksanaan tepatnya pada Jumat, 18 Maret 2022 InovTek NTB pun dimulia dengan simbol adanya sambutan pembukaan. InovTek NTB ini pun dihadiri oleh berbagai pejabat negara seperti Menteri Koperasi dan UKM RI (Drs. Teten Masduki)  dan Gubernur NTB (Dr. Zulkieflimansyah, SE, M.Sc), Kepala BRIN RI (Dr. Laksana Trihandoko M.Sc), Direktur Diseminasi dan Pemanfaatan Riset dan Inovasi Daerah (Dr. Wihatmoko Waskitoaji), dan Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan (Anggoro Eko Cahyo). Tak hanya itu, UNRAM yang antusias pun diwakili dengan adanya kehadiran Rektor UNRAM (Prof. Bambang Hari Kusumo), Ketua LPPM UNRAM ( Muhamad Ali, Ph.D), dan Sekertaris LPPM (Prof. Muliarta Sudiarta).

Dengan adanya kesempatan menampilkan berbagai inovasi teknologi hasil riset UNRAM, sangat menjadi peluang besar dalam memperkenalkan hasil riset yang berdaya saing dan tepat guna. Menjadi Universitas terbesar di NTB adalah suatu kebanggaan yang perlu dipertanggung jawabkan melalui penampilan karya cipta inovasi dan teknologi yang tepat guna. Diharapkan keikutsertaan ini menjadi langkah depan dalam menjalin kerjasama dalam sinergi membangun NTB menjadi daerah dengan berbagai inovasi dan teknologi yang berdaya guna. Keseriusan UNRAM ini pun dapat dilihat dari kematangan dekorasi stand yang memberi penilaian yang sangat baik untuk UNRAM bagi para pengunjung. Tak hanya tentang penampilan produk inovasi dan teknologi, acara InovTek NTB ini pun juga dirangkaikan dengan talkshow startup dan beasiswa. Hal ini pun mendukung daya tarik pengunjung untuk mendatangi pameran terutama bagi para pemuda mahasiwa ataupun siswa. UNRAM menjadi Universitas yang diharapkan mampu menjadi roll model bagi para perguruan tinggi ataupun sekolah tingkat lainnya di Nusa Tenggara Barat yang tersebar di NTB.

Translate »