PAMERAN PRODUK UMKM LOKAL NTB

DINAS PERDAGANGAN NTB

UNIVERSITAS MATARAM

BANDARA SELAPANG, KOTA MATARAM

Bandara Selaparang, Mataram (18 – 20/03/2022), Inkubator Bisnis dan Inovasi LPPM UNRAM menjadi salah satu pihak yang ikutserta dalam memeriahkan event internasional MotoGP 2022. Dengan adanya pendampingan usaha mahasiswa, dosen, alumni dan UMKM lokal, maka Kubinov LPPM UNRAM berkolaborasi dengan Dinas Perdagangan NTB untuk ikutserta dalam ajang pameran produk usaha lokal. Dengan menggandeng beberapa produk yang sanggup ikutserta, Kubinov pun mendapatkan nomor urut 2 dalam pamaren tersebut. Produk yang dipamerkan terbagi dalam beberapa bidang usaha yaitu olahan makanan, minuman dan handcraft. Adapun produk tersebut diantaranya Olahan gula aren aren, Haifa craft, gantungan kunci limbah kayu, jam tangan tenun, susu kurma (qumaren), rice bowl nasi belut, dan dodol kakao khas Lombok Utara.

Antusias yang cukup tinggi pun dirasakan oleh para mahasiswa yang menjadi bagian pengelola produk yang dipamerkan. Dengan ikutserta dalam pameran bersama tim Inkubator LPPM UNRAM. Kegiatan pameran ini diikutkan tidak hanya terfokus dalam mencapai profit produk, namun ini menjadi ruang dalam mendidik jiwa kewirausahaan di mahasiswa.

Pameran produk lokal ini pun mendapat perhatian dari Kementerian Pariwisata dengan melakukan survey terkait dampak motoGP 2022 bagi para pelaku UMKM. Salah satu pihak yang disurvey yaitu Inkubator LPPM UNRAM. Pada wawancara survey tersebut, pihak Inkubator berharap ajang pameran ini mampu ditingkatkan kembali pelaksanaanya dengan menyusun sistem yang sesuai dengan sasaran pangsa pasar. Tak hanya itu, pihak Inkubator pun berharap keikutsertaan dalam pameran ini, diharapkan mampu meningkatkan kerjasama antar produk olahan mahasiswa UNRAM dengan berbagai lembaga pemerintahan terkait. Tentunya event ini menjadi ruang memperkenalkan produk kreatif UNRAM kepada para wisatawan yang tersebar dari berbagai daerah.

Dua hari pelaksanaan berlangsung, mahasiswa semakin antusias dengan meramaikan stand, menyebarkan informasi stand agar pengunjung meningkat ataupun ikut membantu dengan membeli produk.

Meski kegiatan MotoGP hanya terhitung 3 hari, diharapkan kedepannya pada ajang event event lainnya mampu diikutsertakan dan menjadi pihak yang mampu bersinergi dengan pemerintah NTB dalam mencetak generasi wirausaha dikalangan perguruan tinggi